Header Ads

Breaking

Sabtu

Layanan SMS Gratis Seputar Kehamilan dan Pasca Persalinan

Kondisi kesehatan ibu pastinya memegang peranan penting selama masa kehamilan dan pasca persalinan. Hanya saja, terkadang ada beberapa ibu hamil yang belum memiliki pengetahuan tentang kondisi kehamilannya hingga bisa berakibat fatal bagi keselamatan ibu dan bayi.

Namun, khususnya bagi ibu hamil di Kabupaten Karawang yang menjadi salah satu dari lima wilayah di Jawa Barat dengan Angka Kematian Ibu (AKI) tertinggi, sudah hadir SMSBunda, layanan SMS gratis yang menyediakan informasi seputar kehamilan dan pasca persalinan bagi ibu hamil. Salah satu ibu hamil yang sudah mengakses SMSBunda adalah Helsi (28).

"Saya sudah registrasi tadi waktu layanan ini diluncurkan terus langsung dapat SMS balasan. Saya berharap memang bisa dapat informasi yang pastinya sangat bermanfaat ya buat saya," kata wanita yang tengah mengandung enam bulan ini saat ditemui detikHealth usai Peluncuran 'SMSBunda, Layanan SMS bagi Ibu Hamil dan Nifas' di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Karawang, Jawa Barat, Selasa (15/4/2014).

Menurut Hesli, layanan ini sangat membantu dia untuk melewati masa kehamilan dan pasca persalinan nantinya. Apalagi, jika dikombinasikan dengan layanan untuk ibu hamil lainnya misalnya Sijariemas (sistem rujukan dari bidan ke RS) dan Jaminan Persalinan (Jampersal) dikatakan Hesli keselamtan ibu hamil dan bayi bisa lebih terjamin.

Hal serupa juga dirasakan Uti (32), ibu satu anak ini merasa sangat terbantu dengan adanya layanan SMSBunda karena ia jadi lebih update dengan informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

"Sekarang kan informasi kesehatan berkembang pesat. Dengan SMS ini saya jadi nggak khawatir misalnya waktu perut terasa kencang itu normal atau harus dibawa ke dokter," kata Uti.

Untuk mendaftarkan diri pada layanan ini, para ibu hamil bisa mengirimkan pesan ke nomor 08121239555:
1. Untuk mendaftarkan diri dengan mengetik REG<spasi>perkiraan tanggal lahir<spasi>kabupaten
2. Untuk mengganti tanggal bersalin dengan mengetik LAHIR<spasi>tanggal bersalin
3. Untuk mendaftarkan teman ke layanan SMSBunda dengan mengetik UNDANG<spasi>nomor hp teman<spasi>perkiraan tanggal bersalin<spasi>kabupaten

Diharapkan nomor yang digunakan para ibu tidak diganti karena nomor itulah yang nantinya akan tersimpan di database dinas kesehatan Karawang. Memang, saat ini layanan SMSBunda masih diuji coba di dua Kabupaten yaitu Karawang dan Cirebon.

"Nantinya kita juga akan menyediakan layanan SMS ini untuk para ibu di seluruh wilayah Indonesia terutama yang memiliki angka kematian ibu dan bayi tinggi seperti Sumatera Barat, Jawa Timur, Banten, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan beberapa kabupaten di Jawa Barat," tutur Dr Leslie Mancuso selaku CEO Jhpiego yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Dinkes Karawang, dan GE Foundation dalam menyediakan layanan SMSBunda.

Sumber : health.detik.com

Ads