Pages

Senin

Tips Agar Organ Intim Wanita Selalu Sehat

Organ intim wanita (mrs. V) memiliki fungsi yang sangat istimewa. Karena fungsi itulah perlu perlakuan istimewa untuk menjaga fungsi kerjanya tetap, tidak menurun dan diusahakan malah naik kemampuanya.

Ternyata perlakuan yang istimewa tersebut tidaklah selalu berdampak baik. Agar tidak salah, simak informasi dari dr. Dewi Prabarini, SpOG dari RS Puri Cinere, Depok, Jawa Barat, tentang 6 penggunaan benda-benda di organ kewanitaan kepada femina.co.id


 1. Pentyliner
Penggunaan pentyliner tiap hari sangat tidak dianjurkan, karena dapat meningkatkan kelembapan sehingga rentan terhadap timbulnya infeksi terutama jamur. Dianjurkan dipakai hanya sebelum dan sesudah menstruasi saja.

2. Cairan Pembersih Vagina
Penggunaan cairan ini juga tidak perlu dilakukan setiap hari cukup 2-3 hari sekali. Jika anda mengalami masalah seperti keputihan bisa dipakai 2 hari sekali. Sebelum digunakan hendaknya di encerkan terlebih dahulu dengan air dan pilihlah yang memiliki derajat keasaman sesuai dengan vagina yaitu 3,5.

3. Sabun Mandi Biasa
Saat mandi biasanya wanita menggosok vaginanya dengan sabun mandi dengan tujuan untuk membersihkannya. Kebiasaan ini juga tidak baik, karena derajat keasaman sabun mandi tidak sama dengan derajat keasaman vagina. Derajat keasaman sabun mandi biasanya lebih tinggi sehingga akan mengganggu kehidupan "kumain baik" yang melindungi vagina.

4. Pembalut Wanita
Pembalut yang baik adalah pembalut yang tetap kering meskipun telah terisi oleh darah haid. Pembalut yang terbuat dari bahan film, bukan kertas. Jika darah haid yang keluar banyak, penggantian bisa dilakukan tiap 1-2 jam sekali. Jika sudah berkurang bisa ganti tiap 3-4 jam sekali.

5. Celana Dalam Sekali Pakai
Selain digunakan saat menjalani perawatan tubuh di spa, celana dalam berbahan seperti kertas ini sering kita bawa saat traveling.  Tapi, hanya boleh dipakai selama beberapa hari. Sebaiknya ganti dengan celana berbahan katun saat tidur di malam hari.

6. Celana Dalam
Dalam memilih celana dalam hendaknya memilih dari bahan katun yang lembut agar tidak terjadi iritasi. Sebaiknya ganti celana dalam sehari 2 kali untuk menjaga vagina tetap kering dan nyaman. Namun jika anda mengalami keputihan dan merasa lembab gantilah lebih sering.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Google+ Followers