Pages

Senin

Penyebab Kram Saat Mentruasi

Penyebab kram saat menstruasi perlu anda ketahui untuk mencari solusi dalam mengurangi rasa nyeri. Nyeri ini biasanya terjadi disaat menjelang atau awal menstruasi. Nyeri terasa di perut bagian bawah atau tengah dan mungkin memancar hingga ke pinggul, paha, dan punggung. Intensitas nyeri naik dan turun berulang-ulang, mengikuti kontraksi otot rahim yang mendasarinya.

Tingkat keparahan nyeri bervariasi antar-wanita dan antar-haid pada wanita yang sama. Pada suatu saat, nyeri mungkin hampir tidak terasa. Di saat lain, nyeri bisa sangat hebat disertai kejang, lemas, demam, pusing dan berbagai gangguan lambung seperti mual, muntah, dan diare.

Beberapa di antara mereka sampai harus izin tidak masuk kerja atau kuliah. Mereka hanya bisa berbaring di tempat tidur dengan menahan rasa sakit yang teramat sangat.

Seperti dilansir dari situs MayoClinic, kram saat haid ternyata disebabkan oleh rahim yang berkontraksi untuk mengeluarkan darah menstruasi Anda. Selain itu, ada sebuah zat seperti hormon yang menimbulkan rasa sakit bahkan infeksi pada rahim Anda yang disebut prostaglandin. Semakin banyak prostaglandin ini, maka semakin sakit kram yang Anda rasakan.

Selain itu ada beberapa penyebab kram saat menstruasi yang lain, yaitu ;

Endometriosis
Endometrium adalah sebuah lapisan yang bertugas untuk melindungi rahim, dan letaknya seharusnya di dalam rahim. Namun pada penyakit endometriosis, lapisan tersebut justru berada di luar. Hal inilah yang membuat perut menjadi kram saat haid.

Fibroid uterus
Fibroid uterus merupakan salah satu jenis tumor jinak, namun tidak berisiko menjadi kanker. Daging yang tumbuh inilah yang dapat menjadi penyebab kram perut. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini juga bisa menjadi ganas.

Pelvic Inflammatory disease (PID) atau Radang panggul
Penyakit ini adalah peradangan yang ditimbulkan oleh bakteri yang ditularkan secara seksual. Jika terjadi peradangan pada panggul Anda, hal ini dapat menjadi pemicu terjadinya kram saat Anda menstruasi.

Mulut rahim yang sempit
Sebagian wanita memiliki mulut rahim yang cukup sempit. Hal ini kemudian menghalangi keluarnya darah saat Anda haid, dan inilah yang menyebabkan terjadinya kram.

Itulah beberapa penyebab kram saat menstruasi akan datang atau diawal menstruasi. Untuk mengatasi rasa nyeri bisa dibaca pada artikel berikutnya. Tips mengatasi kram saat menstruasi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Google+ Followers